Apa itu Sekolah Semimiliter ?

Sekolah semimiliter adalah sekolah yang menerapkan disiplin militer dan aturan untuk mendidik karakter peserta didik.

Ciri umum sekolah semimiliter adalah adanya asrama dan peserta didik didalam sekolah ini sangat hormat kepada orang-orang, selalu menyapa, sopan, tegas, dan kebanyakan kata "Siap!".

Disiplin yang biasa diterapkan misalnya bangun pagi-pagi, senam, makan sama-sama, adanya danton (komandan peleton), wajib apel, dll.

Hukuman dalam sekolah semimiliter juga cukup keras karena selain diberikan oleh pembina (yang biasanya merupakan anggota TNI) juga diberikan oleh kakak kelas atau senior, namun harus sesuai aturan yaitu harus mendidik karakter anak didik dan tidak mengandung kekerasan fisik dan psikis.
Aturan dasar dalam asrama adalah harus melalui karantina selama beberapa bulan, tidak ada barang elektronik, sopan dan disiplin, hormat pada siapa saja, mengikuti aturan dan bersedia dihukum jika melanggar aturan, dan ada beberapa aturan tambahan sesuai keadaan asrama.

Masalah kakak kelas (senior), sesuai pengalaman saya; kakak kelas di sekolah militer memiliki hak untuk memberikan hukuman ke adik kelas (junior) tapi 'sekali lagi' harus sesuai aturan, yaitu tidak mengandung kekerasan dengan kontak fisik maupun dengan alat. Hukuman yang biasanya misalnya push up, sit up merayap, jalan jongkok, masuk selokan (hukuman massal), dll.
Selaku sekolah semimiliter yang berasrama maka akan ada yang namanya sistem angkatan. Dalam sebuah angkatan akan ada yang disebut "KORSA" yang berarti kebersamaan. Untuk lebih dalam "KORSA" digunakan sebagai rasa kebersamaan, misalnya saat seseorang melakukan kesalahan antar angkatan maka satu angkatan akan kena hukum (Kesalahan ditanggung bersama).
Hukuman saat melanggar aturan misalnya saat terlambat bangun akan disiram dan disuruh lari sambil ngangkat 'tempat tidur', saat terlambat makan di ruang makan disuruh push up, lari keliling lapangan, dll.

Apakah anda tertarik dengan sekolah semiliter ?
Berikut saya berikan contoh-contohnya :

  1. SMA Presiden,
  2. SMA Tarnus di Magelang,
  3. SMA Binus di Jatinangor,
  4. SMA Taruna Nusantara,
  5. dll.
Dan yang paling dekat dengan saya
  1. SMAN 2 Yasop
  2. SMAN 2 Tarutung
  3. SMA DEL
  4. SMAN 2 Lintongnihuta

Masih banyak lagi yang tidak dapat sebutkan satu persatu, namun jika anda ingin menambahi boleh-boleh saja.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Hasil gambar untuk semi militer
Ingat ! semimiliter tidak militer, tidak belajar menembak dengan Senjata.

Kata kunci lain untuk post ini
  • Asrama semimiliter, Sekolah dengan asrama semimiliter, Semimiliter, review asrama semimiliter, pengalaman di asrama semimiliter, sekolah semimiliter.

Related Posts:

3 Responses to "Apa itu Sekolah Semimiliter ?"

Entri Populer