Cara membuat post yang menarik?


Rumah 3D yang pernah saya gambar dengan aplikasi 3D !
Membuat post yang menarik dan diminati biasanya dilihat dari isinya, namun beberapa orang kadang-kadang lebih mengutamakan kata kunci supaya banyak visitor (tambahkan kata kunci supaya orang tahu bahwa mereka butuh post anda).
Tujuan membuat post adalah berbagi ilmu, informasi, dan lain-lain, sebaiknya dipisahkan dari tujuan untuk mengumpulkan visitor yang banyak.
Artinya, jangan berharap banyak jika informasi, ilmu, dan lain-lain yang dibutuhkan orang-orang tidak ada dalam pos agan sekalian.
Gambar diatas merupakan post diblog lama saya yang sampai saat ini belum pernah dikunjungi orang asing. Alasannya simpel, yaitu karena 'ngak' terlalu dibutuhkan orang.

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara saya membuat postingan blog yang menarik (menurut saya), jadi bersiaplah karena mungkin post ini juga belum menarik, berikut infonya :


1. Judul post yang tepat

judul post adalah gambaran isi dari post tersebut, usahakan saja jangan lari dari topik (kecuali jika diperlukan sekali).
Suatu post akan sangat menarik dengan kata kunci yang santai saja, misalnya 'Bagaimana cara membuat post yang menarik ?', 'Novel bahasa', 'Tumbuhan paling berbahaya', dan sebagainya.


2. Buatlah Gambar yang sedikitnya mengena kesasaran

gambar adalah salah satu objek penting dalam suatu post. Meskipun yang utama adalah teks dalam blog, namun gambar sepertinya sudah menjadi hal yang 'musti' ada dalam setiap post setidaknya 1 gambar saja.
Hal ini secara tidak langsung membuat pembaca tertarik untuk membaca isi blog si-agan sekalian !


3. Bahasanya sopan, bersahabat, dan tidak terlalu formal

jika blog agan memang blog pribadi. Orang-orang akan lebih senang membaca dengan bahasa yang agak sosial, bersahabat, dan mudah dipahami. Maka gunakan istilah 'yang up to date', yang melalui saringan bahasa versi pribadi agan.
Coba saja dengan bahasa yang tidak formal, bayangkan bahwa si pengunjung atau pembaca ada di depan anda. Bagaimana anda akan menyampaikan cerita anda ? (tapi tidak 4 mata, nanti malah gugup).
Jangan gunakan bahasa lebay, percayalah bahwa orang-orang sebangsa kita masih cinta bahasa persatuan.


4. Buatlah tata cara menulis (mengetik)

tata cara menulis blog tidak harus mengikuti tata cara yang ada, tapi harus  berdasarkan tata cara yang ada. Misalnya yang paling simpel 'setelah titik, huruf kapital', 'setelah tanda baca ada satu spasi'. Dengan begini orang-orang akan merasa enak untuk membaca. *Masalah isi blog agan yang urus, itulah skill si-blogger.


5. Kata kunci

kata kunci membantu orang yang membutuhkan informasi dalam blog agan makin mudah dan cepat menemukan blog agan. Dibawah sudah saya buat contoh dari kata kunci lain.


6. Format dasar post

format dasar post juga harus diperhatikan, contoh misalnya format post ini:
- photo/pembuka/isi/penutup/kata kunci lain atau sumber.
Merupakan format supaya postingan ini teratur.


7. Letakkan sumber

misalnya jika post agan membahas 'UFO', maka buatlah pembahasan versi agan dan pembahasan versi website atau blog lain disertai sumbernya.
Peletakannya tergantung agan, misalnya di Format blog akhir 'sumber', atau diselipkan di link 'baca selengkapnya' dan lain sebagainya.


8. Tidak ada pembacanya

jangan putus asa, pertahankan saja post anda dan jangan dihapus. Barangkali post itu hanya berguna buat orang seperti agan.


9. Perbaharui dan edit

ingatlah pepatah bahwa "pisau yang tumpul jika diasah menjadi tajam".
Post anda harus diedit dan diedit selalu. Tambahkan sumber, narasumber, perbaiki bahasa, kaitkan dengan hal-hal yang lain, buatlah photo versi anda, dan jangan menyerah. semakin lama maka post anda akan tajam dan penuh bukti-bukti super dari pengalaman yang super.
Misalnya post anda berjudul 'Bagaimana cara membuat post yang menarik ?', maka anda akan menambahkan kata dan pendapat dari narasumber blogger hebat, photo dari post yang keren, contoh post keren, maupun post menarik, dan lain-lain. Dengan demikian post anda aka semakin hebat.


Memang post yang menarik tidak selalu dikunjungi karena orang-orang akan melihat dari isi dan kata kunci, namun anda harus yakin bahwa meskipun post anda tidak dan kurang dibutuhkan orang, paling tidak ditulis dan ditempa dengan baik sesuai yang diharapkan orang-orang. (Barangkali post anda jadi contoh penulisan yang benar dan baik atau menarik).

Akhir kata, karena saya ingin orang-orang menemukan informasi ini versi saya ini, maka saya tambahkan kata kunci. Semoga bermanfaat buat agan-agan sekalian, Terimakasih.

Kata kunci lain : Membuat post yang menarik, Bagaimana cara membuat post yang menarik ?, ciri-ciri postingan yang menarik, tips membuat postingan.

Related Posts:

0 Response to "Cara membuat post yang menarik?"

Post a Comment

Entri Populer