Ini Dia Nih Yang Patut Diperhatikan saat Ngedit Video


*Ceritanya, kita ngedit video yang mau di-upload dan dipublikasikan.

Video adalah kumpulan dari frame banyak yang berjalan sesuai waktu. Buat agan yang masih bingung dengan pembuatan maupun pengeditan sebuah video, kali ini saya akan merangkum sedikit nih,“Yang agan harus perhatikan saat ngedit video.”

Pembuatan video pastinya dimulai dari mengambil bahan mentah; merekam langsung atau mengambil dari beberapa referensi (misalnya Yutub); bahan mentah dilihat dulu kualitasnya. Dengan kualitas bahan mentah yang kurang, video hasil editan juga kurang. Bayangkan saja agan menjadi seorang juru masak, pilihlah bahan makanan yang berkualitas, kalau bisa numero uno!

Setelah bahan mentah terkumpul, lakukan sortir atau susun data-data video mentah supaya terurut dalam satu folder. Hal ini sangat disarankan karena dapat mempermudah pengeditan. Memberi nama setiap file dengan sepenuh hati.

Sekarang dalam pengeditan, biasanya ngedit video menggunakan software. Dalam software menyediakan beberapa efek mereka masih-masing nih. Efek ini kadang merupakan efek khas yang pasaran, jadi sangat disarankan supaya tidak terlalu menggunakan efek bawaan software. Cukup dengan yang normal saja misalnya efek, fade-in/out, split clip, slow-mo, atau efek saturasi dan pengaturan warna, *efek ini disebut efek standar dalam editing video.
Pengalaman saya ketika kebanyakan menggunakan efek adalah rasa kurang puas ketika melihat orang lain menggunakan efek yang sama persis, menurut saya kurang kreatif dan langsung nampak software yang dipakai apa.

Nah, membatasi penggunaan efek bawaan software ?
Video yang menggunakan efek normal memiliki nilai lebih, kayak cewek tanpa make-up.

Lalu dalam mengambil background musik, jangan sampai musik/lagu yang digunakan penuh dari awal sampai akhir, gunakan sedikit pengaturan pitch untuk menghindari pelanggaran hak cipta atau potong lagu supaya tidak full dari awal sampe akhir; hal ini untuk mengantisipasi hak cipta, video yang di-upload akan di-scan dulu oleh bot untuk mengecek suaranya saat di-upload; volume dari musik/lagu yang digunakan juga jangan sampai menutupi suara utama *jika agan membuat narasi dalam video.
Fungsi dari musik/lagu dalam video adalah untuk mengisi kekosongan dan memberikan efek suapaya sesuai situasi. Feelingnya harus ngena, etdah.

Format video dan size video, agan harus belajar sedikir tentang format video dan pengaruh format video dengan sizenya. Hal ini akan menjadi masalah serius ketika meng-upload video yang sudah jadi. "Sizenya terlalu besar, campret!". Nah, ketika size menjadi masalah, maka agan harus mulai melakukan eksperimen konversi format, dengan ini maka size bisa dikuragi *atau malah nambah.

Yang terakhir dan menjadi hal paling utama yang harus diperhatikan adalah mencantumkan sumber. "Say no to Plagiarisme". Selain terhindar dari pelanggaran undang-undang, agan akan merasa nyaman dengan karya agan. Dalam mengambil video, perhatikan aturan pengambilan, jangan asal embat jangan asal tikung, nanti kecyduck langsung selesai.

Yah,
itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengedit video yang ceritanya mau di-upload atau dipublikasikan. Beberapa info ini semoga bermanfaat bagi agan, terimakasih.


Ingat, menjadi kreatif dan mampu mengikuti perkembangan jaman, semoga sukses !

Related Posts:

1 Response to "Ini Dia Nih Yang Patut Diperhatikan saat Ngedit Video"

  1. bagus juga tutorialnya, bisa di coba ni

    ReplyDelete

Entri Populer