Tentang kerbau, horbo dalam Batak


 
Horbo (kerbau) adalah hewan ternak yang biasa dipelihara di daerah Toba (jenis kerbau Air). Hewan ini dipakai untuk acara-acara besar dalam adat Batak. Horbo juga sering disimbolkan dengan kekayaan, kekuatan, dan kepemimpinan. Icon horbo juga bisa ditemukan dalam adat suku Toraja di sulawesi, namun dalam post ini saya akan mengarahkannya dalam suku Batak saja.
Horbo termasuk dalam hewan memamahbiak (memakan rumput). Dalam kehidupan seorang peternak horbo, mencari rumput atau mengkawal horbo untuk mencari makan menjadi suatu kegiatan sehari-hari. Peternak horbo dalam bahasa Batak biasa dipanggil Parmahan Horbo, bahasa indonesia yaitu penggembala kerbau. Parmahan sangat ikonik dengan kemampuan seruling Batak, meskipun hanya ikonik saja - tidak semua parmahan. Beberapa cerita mengatakan bahwa ada kemampuan seruling untuk mengobati horbo, entah horbonya lagi sedih maka seruling dapat mengembalikan mood si Horbo ini.

Konsep Kekuatan, Kekayaan, dan Kepemimpinan pada Horbo.
Konsep ini sendiri bisa dilihat dari Horbo itu sendiri:

Kekuatan, pada zaman itu horbo digunakan untuk mengangkat barang. Kenapa tidak kuda? karena kuda mungkin kurang tenar di daerah Toba atau malah kuda adalah hewan penghasil daging di beberapa daerah (khususnya Doloksanggul). Horbo juga digunakan untuk membajak sawah, sehingga secara khusus horbo menjadi simbol kekuatan.

Kekayaan, Horbo telah memegang peranan penting dalam adat istiadat dan acara dalam Batak. Acara besar selalu di ikoni dengan Horbo. Selain itu, memang harga pasaran horbo juga mahal di daerah Toba. Karena ini, maka horbo menyimbolkan kekayaan.


Kepemimpinan, Sudah jelas bahwa horbo memilki mahkota yang dinamakan tanduk. Mahkota ini secara langsung menggambarkan sebuah pemimpin. Semakin besar dan semakin panjang tanduk seekor horbo, maka semakin mantap si horbo tersebut (mempengaruhi harga pasaran juga).

Karena bagusnya konsep tentang horbo ini, saya pun membuat desain gorga dengan inpirasi dari horbo. Khusus untuk melambangkan Kekuatan, kepemimpinan, dan kekayaan (kekayaan budaya Batak).

Silakan dilihat:

Royalty-free stock illustration ID: 1164626596



Dengan mendapatkan royalty, maka desain ini dapat digunakan dengan bebas tanpa adanya pelanggaran hak cipta. Silakan Di-gass!


Kata kunci lain untuk menemukan postingan ini adalah:
Desain gorga, gorga horbo, kerbau dalam budaya batak, desain kaos, kaos tema batak, desain batak.

Related Posts:

0 Response to "Tentang kerbau, horbo dalam Batak"

Post a Comment

Entri Populer