Pekerjaan untuk yang putus kuliah



Dimasa sekarang ini, ada banyak orang yang mengalami putus kuliah. Alasan untuk putus kuliah ada banyak dan beragam, ada yang bersifat baik dan ada yang disebabkan oleh hal-hal yang negatif.

Selain itu, kepopuleran kuliah sebenarnya sudah tidak seperti pada jaman orang tua kita dulu.
Bahkan hal ini telah disampaikan oleh beberapa orang yang seperti Dedy Corbuzier dalam sebuah videonya yang berjudul "8 Alasan Kuliah Tidak Penting" dalam seri motive.
Bayangkan saja seseorang yang bicaranya tidak asal-asalan telah menyampaikan alasan kenapa kuliah tidak penting lagi.

Tidak hanya melihat dari seorang Dedy Corbuzier saja, sebenarnya beberapa orang besar di dunia juga mengalami putus kuliah (tidak melanjut) sebelum akhirnya fokus untuk mengerjakan suatu karya. Contohnya Bill Gates, Pendiri Facebook, dll.

Untuk itu semua, maka postingan saya kali ini ditujukan kepada mereka yang putus kuliah namun tetap ingin berkarya dan produktif.
Langsung saja ke pekerjaan anda:

1. Menemukan Passion yang sebenarnya

Pekerjaan pertama dan paling utama adalah "menemukan passion anda yang sebenarnya". Kita memandang dari sudut mana dan kenapa kita layak tidak kuliah.

Passion jika sejalan dengan jurusan kita diperkuliahan akan bagus. Tapi jika kita tidak dapat mengembangkannya atau malah tidak  menemukannya sama sekali, maka pilihan anda tidak kuliah sebenarnya sudah tepat.
Perkuliahan tanpa menemukan passion hanya akan mengikuti sistem saja dan anda hanya akan diasah menjadi seorang pekerja.

Passion itu misalnya suka mendesain, gaming, berdagang, dan apapun yang sesederhana itu namun sudah ada dalam diri anda.

2. Membuat proyek jangka panjang

Berbeda dengan kuliah, bagi anda yang tidak kuliah anda memiliki semua waktu dalam hidup anda. Anda bebas mau ngapain dan mau berbuat apa. Namun diposisi ini, anda harus dapat melihat diri anda di beberapa tahun kedepan dengan apa yang anda kerjakan saat ini. Saran saya, mulailah belajar dunia digital, belajar cara mendapatkan skill, pengalaman, dan pastinya keuntungan dari dunia digital.

Contohnya adalah beberapa skill wajib berikut ini: editing video, blogging, Kemampuan mencari ilmu secara otodidak, desain dan cara menghasilkan uang dari hal-hal tersebut.
mungkin akan susah, tapi masih layak untuk dicoba.

3. Mengasah skill dalam bekerja

Diposisi tidak kuliah, tuntutan yang paling menekan anda adalah tuntutan untuk bekerja. Ada dua hal yang muncul yaitu antara membuat pekerjaan atau mencari pekerjaan.
Dari antara kedua itu sebenarnya harus mengarah kepada sebuah skill.
Carilah pekerjaan yang memang membutuhkan sebuah skill dan kemampuan, jangan cari pekerjaan yang membuat anda menjadi seorang robot pekerja.

4. Membuat checkpoint untuk berkembang

Checkpoint yang membuat anda lebih maju kedepannya. Istilah sederhananya: anak-anak tangga yang harus dilewati dulu sebelum mencapai puncak tangga.


Tidak memiliki skill yang tajam namun memiliki pola pikir yang terbuka adalah satu-satunya senjata anda sekarang. Maka untuk itu, ingatlah selalu untuk melangkah menaiki anak tangga satu persatu, dan bersabar.
Pertajam setiap kemampuan dan terus bekerja. Gunakan semua yang ada untuk berkembang.

5. Yakin dan percaya akan setiap hal yang dikerjakan

Pekerjaan terakhir anda adalah yakin dan percaya serta menyerahkan semua kepada Yang Mha Esa.
Jangan lupa untuk mendoakan apa yang anda kerjakan.

Nah,
itu dia pekerjaan bagi anda yang putus kuliah. Mungkin anda putus kuliah itu adalah kutukan, namun dilain sisi putus kuliah adalah tahap awal bagi anda untuk melewati batasan-batasan yang ada. Jangan menyerah dan semoga beruntung.

Related Posts:

0 Response to "Pekerjaan untuk yang putus kuliah"

Post a Comment

Entri Populer