Tips membuka warung makan




Setelah menjalani banyak tempat makan. Secara tidak sadar kita akan membuat takaran sendiri tentang tempat makan yang bagus. Postingan ini adalah takaran saya yang diharapkan dapat membantu agan dalam memulai sebuah warung makan.

Saya adalah orang yang suka cari makan. Hidup di kost tidak sepenuhnya membuat saya harus memasak atau meng-ketring makanan setiap bulannnya. Meskipun lebih boros, tapi saya suka mencari tempat makan karena memiliki kesannya tersendiri. Pastinya juga, beberapa tempat sudah menjadi tempat makan langganan karena memiliki poin-poin yang baik yang akan saya tuangkan dalam postignan saya yang satu ini.

Dengan ini tentunya tidak perlu budget yang besar dalam memulai warung, berikut beberapa tips yang wajib dan diharapkan membuat agan dapat menyulap tempat makan menjadi bagus dan menarik bagi pendatang:

1. Ketersediaan air putih gratis

Ait putih merupakan menu paling pembuka ketika para pendatang saat memasuki sebuah warung. Konsepnya lumayan sederhana namun memiliki artiyang besar.
Ketersediaan air putih juga menggambarkan bahwa yang kita inginkan adalah kepuasan pelanggan yang datang.

Pengalaman saya, beberapa tempat makan sengaja tidak menyediakan air putih gratis. Malah yang disediakan minuman gelas dan menu lainnya yang pastinya menambah budget makan. Meskipun murah, tapi paling tidak agak menggamnggu dan kurang praktis.
Jujur saja, menurut saya kurang menarik ketika kita sampai ditempat makan dan harus menunggu menu yang ada dulu baru bisa makan/minum.

Sebenarnya air putih lebih dari cukup ketika menikmati makanan di warung.

2. Keberadaan Peliharaan maupun non-peliharaan

Tidak bisa dipunggkiri bahwa akan selalu ada peliharaan maupun yang bukan peliharaan yang datang ke tempat makan.
Namun di poin ini saya memiliki penilain yang lebih teliti:
Misalnya saya melihat kucing yang kurus dan tidak terurus di sebuah tempat makan, maka saya tidak tertarik untuk makan disana.
Bukan masalah jijik atau tidak, namun memang tidak filosofis untuk sebuah tempat makan.

Selain itu keberadaan hewan seperti tikus, kecoak, dan hewan berbahaya lainnya memang agak susah di antisipasi. Jadi satu-satunya cara adalah memberikan tata letak yang baik barang dagangan.
Kebersihan warung adalah hal yang dipertaruhkan disini.

3. Tisu dan lap tangan

Tisu dan lap tangan adalah perlengkapan yang wajib.
Namun tisu yang digunakan jangan tisu toilet. hehehe
Beberapa tempat makan yang saya temui memang menggunakan tisu yang biasa digunakan di toilet karena lebih murah. Sebenarnya tetap higienis namun tidak keren.

Keberaan tisu atau lap tangan tidak akan lepas dari kobokan (air untuk cuci tangan). Maka dalam hal ini, kobokan menjadi salah satu poin tambahan juga.

Salah satu tempat makan yang saya sukai adalah tempat makan yang menyediakan wastafel di pinggir, lap tangan dan sabun cuci tangan. Mungkin agak elit karena agak sudah diaplikasikan di warung low budget, tapi juga merupakan konsep yang menarik.

4. Minuman ini wajib dan harus ada

Ada dua minuman yang harus ada di sebuah warung, yaitu
Teh manis dan Kopi.

Kedua menu ini merupakan menu yang banyak dikenal orang dan menjadi pilihan cepat ketika pendatang ingin memesan minum yang memiliki rasa. Kopi dan teh manis juga sudah sangat dikenal dekat oleh orang-orang di negeri kita.

Benar-benar sederhana tapi merupakan sebuah ciri khas yang diharapkan tidak hilang dalam sebuah warung makan.

5. Menu yang konsisten dan bertanggungjawab

Dari semua poin yang saya buat, ini adalah poin yang harusnya muncul dari perspektif sipemilik warung.
Menu yang konsisten: tidak terlalu banyak pilihan dan jelas (tidak membingungkan dan berstandard)
Bertanggungjawab: tujuan membuka warung makan adalah sebagai penyedia pangan bagi orang-orang.
 Nah, jadi membuka menu makanan yang jelas baik dari segi kualitas maupun harga adalah inti utama dari ketertaikan orang-orang untuk datang ke tempat warung anda. Warung agan jangan sampai hanya mengincar orang yang sudah sangat lapar dan lupa rasa akan makanan (yang penting ada). Itu gan.


Jadi itu dia semua tips yang bisa dijadikan referensi dalam membuka sebuah warung makan. Semoga dapat membantu dan dapat membuat usaha agan menjadi lancar jaya.

Related Posts:

0 Response to "Tips membuka warung makan"

Post a Comment

Entri Populer