Informasi untuk youtube creator pemula

Youtube adalah platform paling menjanjikan untuk berkreasi dan mendapatkan berbagai keuntungan termasuk keuntungan finansial.

Walaupun saya masih sangat baru dalam dunia youtube, tapi saya punya informasi penting yang saya dapatkan melalui beberapa video eksperimen di akun youtube saya.
Merupakan hasil eksperimen yang memuaskan.

Secara keseluruhan, youtube adalah sebuah platform yang lebih menjajikan dibandingkan dengan Blogging. Apalagi dengan konten gabungan yang disebut vlogging :v

Meskipun penyajian dikedua platform ini berbeda, namun inti dari keduanya adalah sebagai tempat untuk berkarya dan tempat dimana orang-orang dapat menemukan informasi atau mengapresiasi karya.

berdasarkan eksprerimen saya dalam memulai youtube, saya akan memberikan hal-hal yang perlu agan ketahui (khusus pemula):

Note: ingat, saya hanya sekedar eksperimen, jadi mohon dibaca dengan bijak.

1. Sebenarnya kemampuan editing kalah dengan isi dari konten
Para pemula youtube akan terpikir dengan kemampuan editing mereka,
termasuk saya ketika ingin membuat konten. Namun seiring perkembangan dari salah satu video saya: kemampuan editing bukanlah hal utama yang diperhatikan orang di youtube.
Isi konten dan kualitas informasi yang ada didalamnyalah yang menjadi nilai jual di youtube. Skill editing hanya sebagai nilai tambahan.

Boleh anda lihat di video ini:

Video pertama (yang diatas), saya edit semaksimal mungkin dan sebagus mungkin (walaupun soundnya kurang bagus, durasi sekitar 4 menit)

Video kedua adalah pengalaman saya naik bus, Full documented dan seinformatif mungkin (60 menit-an) saya edit dengan menggabungkan seluruh video.

Kenyataannya, video paling banyak dikunjungi adalah video dengan durasi yang lama dan video dengan kemungkinannya menyimpan informasi.

*thumbnailmya mohon dimaafkan :v

2. Durasi video dan informasi dari video adalah prioritas
Setelah skill editing tidak diperhatikan, sekarang informasi dan durasi video menjadi bagian yang sangat penting (contoh diatas). Karena dari sinilah data Analytic akan mempengaruhi posisi konten dalam pencarian youtube.
Semakin lama jam tayang video anda, maka akan semakin laku juga video anda di peryutuban.

Kualitas video juga akan terlihat seiring dengan perkembangan waktu.
Oh iya, kemampuan bait melalui judul dan thumbnail sangat berpengaruh juga.

3. Banyak persaingan tapi tidak ada yang kalah bersaing!
Di Youtube, persaingan memang sangat ketat. Namun bagi saya tidak akan ada yang kalah bersaing disana.

Istilah Viral dan video viral bisa saja melonjak kepermukaan meskipun dapat menuai pro dan kontra.

Di blogging, kita harus bersaing dengan banyak penulis lainnya dan bersaing juga di berbagai Search Engine. Kalau kita kalah malah ga dapat apa-apa. Berbeda dengan di Youtube, orang yang datang kesana bisa saja ingin mendapatkan informasi atau sekedar ingin bersenang-senang.

Selain itu, adanya penambahan subscriber menjadi nilai lebih karena menyangkut popularitas kita. Semakin banyak, semakin berkembang youtube kita.


4. Youtube masih kurang dengan konten kreator
Jangan heran bahwa dengan banyaknya youtuber yang ada di youtube, sebenarnya youtube masih kurang dengan konten kreator.
Konten kreator yang saya maksud adalah diluar dari reuploader.

Setiap konten kreator di youtube memiliki batasan mereka masing-masing. Setiap informasi di Youtube juga masih kurang, sehingga agan dapat dengan mudah mengambil posisi menjadi apa di youtube.

Setiap kemampuan agan akan berkembang di platform ini. (dokter, desainer, gamer, pemikir, atau motivator ketika masuk platform ini semua jadi youtuber)

5. Ada banyak senior youtuber dan aktif (banyak motivasi dan inspirasi)
Berbeda dengan blogging, kita kurang peduli dengan apa yang dikerjakan oleh senior blogging. Karena kita tidak tau siapa mereka semua :')
Di youtube, kita tau siapa kreator yang baik dan dapat dijadikan panutan. Tergantung selera kita.
Disini semua creator bisa kelihatan.

6. Karya agan dihargai
Jujur saja, walaupun kita berkembang secara perlahan-lahan, youtube adalah sebuah platform berkarya yang sangat baik. Setiap karya kita disana akan dipertemukan dengan apresiator yang akan menghargai karya kita. walaupun pastinya juga dipertemukan juga dengan orang-orang yang tidak tepat. hehehe.

7. Adsense youtube lebih keren dari blogging
Sudah pastinya dong,
Youtube adalah lahan mencari profit yang sangat baik dibandingkan dengan blogging. Orang-orang sekarang sudah malas membaca informasi bukan?
Posisi ini menguntungkan youtube dan para kreatornya, sekarang hanya tentang apa yang harus disajikan dan bagaimana penyajiaannya.

Youtube bagaikan restoran dan kita adalah kokinya (atau Chef), gaya masakan dan kualitas bahan menjadi nilai lebih.

8. Reuploader vs tukang nyolong tulisan
Berbeda kasus dengan blogging, di Youtube akan tampak jelas sekali siapa reuploader. Lagian disana disajikan dalam bentuk video yang pastinya terlihat siapa creatornya.
Kalau diblogging, satu tulisan bisa saja di copy paste orang-orang secara brutal.

9. Strategi pendapatan youtube
Terakhir adalah strategi tembus Adsense youtube yang membuat para kreator baru langsung angkat tangan.
yaitu 4000 jam tayang dan 1000 subscriber selama 1 tahun.
Matematikanya lumayan simpel yaitu anda harus:
mencapai 10.95 jam tayang atau sekitar 11 jam tayangan perhari selama 1 tahun (365 hari).


Bonus:
Nah, banyak blogger yang akhirnya ikut juga mempelajari dunia youtube karena memang sangat layak dicoba.
Sekarang giliran anda untuk mencobanya juga.

Jadi begitulah hasil eksperimen saya. Kebanyakan membandingkan youtube dengan blogging, namun jika itu adanya apa boleh dikata. Selamat mencoba dan terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Informasi untuk youtube creator pemula"

Post a Comment

Entri Populer