Time travel - perjalanan waktu

Perjalanan waktu adalah sebuah misteri sains yang sulit diungkap layaknya worm hole dan termasuk juga black hole.

Walaupun susah dijelaskan secara rumus, namun logika sederhana perjalanan waktu adalah melompat ke kejadian atau realitas sesudah atau resebelumnya (dalam satuan waktu).

Antara bisa atau tidak, perjalanan waktu bisa dikatakan merupakan salah satu contoh tingkat teknologi yang paling akhir dimana ketika teknologi ini ditemukan maka akan sangat berdampak bagi keberadaan setiap materi.

Di sini kita bahas perjalanan ke masa lalu dulu:

Bayangkan saja ketika sebuah mesin waktu dapat mengirim sebuah materi ke masa lalu maka materi yang ada saat ini sudah ada dimasa lalu.
Contohnya anda mengirim seorang pria untuk menemui dirinya sendiri. Maka pada waktu itu, akan ada dua orang yang sama (terjadi penggandaan materi).
di contoh lain, sebuah perusahaan mengirim emas kemasa lalu untuk menggandakan kekayaannya.


  • Kemungkinan menemukan mesin waktu

Satu-satu yang masih bisa dan mampu saya pahami tentang waktu adalah kita dapat melihat masa lalu, tapi tidak bisa kembali lagi ke masa lalu.
Misalnya, bintang yang kita lihat diluar angkasa sebenarnya bukan real-time tetapi merupakan tampak dari masa lalu bintang itu. Bintang yang kita lihat mungkin sudah ada yang mati atau termakan black hole. Hehehe


  • Logika saya tentang penemuan mesin waktu

Dimisalkan seorang peneliti muda ingin menemukan mesin waktu, dalam pikirannya ia berjanji akan kembali kemasa diamana ia mulai meneliti mesin waktu (tepat saat ia berjanji) dan memberikan formula untuk menemukan mesin tersebut.
Sesaat setelah ia berjanji, tiba-tiba muncul portal mesin waktu dan keluar seorang peneliti tua (dirinya sendiri) dan memberikan ia formula mesin waktunya.

Nah, menemukan mesin waktu bisa secepat itu?
Bisa saja, namun jika dilanjutkan: ketika si peneliti tua kembali ke realitasnya. Apakah sebenarnya dia menemukan formula mesin waktu pada masa tuanya, atau malah karena spoilernya ke masa mudanya?

Kehancuran Realitas.

Secara langsung, menemukan mesin waktu adalah sebuah cara untuk menghancurkan setiap realitas yang ada. Eksistensi materi juga akan hancur, misalnya pada penggandaan emas yang tadi, bayangkan ketika jumlah emas lebih banyak daripada batu biasa.



  • Berapa waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke sepuluh tahun ke masa lalu?


Nah, lanjutan dari cerita yang tadi. Sipeneliti Tua, dia kembali 20 tahun ke masa ia mulai meneliti mesin waktu, misalkan dia ditahun 2100 ingin kembali ke 2080, dalam perjalannya ia menghabiskan waktu juga selama 20 tahun.
Dia beruntung bisa sampai karena waktunya masih manusiawi bagi dia. dan itu adalah 20 tahun untuk 20 tahun.

Namun sebelum dia, ada temannya yang juga peneliti. Temannya ini tidak pernah sampai ke masa lalu karena waktunya yang dibutuhkannya sangat lama. Sehingga ia tewas di dalam mesin waktu.


  • Mesin waktu dan space travel - To the future
Nah, karena dari tadi kita membahas perjalanan ke masa lalu. Maka bagaimana dengan perjalanan ke masa depan?

Perjalan kemasa depan dijelaskan dalam Teori Relativitas Khusus, Albert Eistein.
Logika yang biasa digunakan untuk menjelaskan ini misalnya:
Ketika anda melakukan perjalanan ke ruang angkasa dengan kecepatan mendekati cahaya, maka waktu yang anda rasakan akan melambat.
Tetapi tempat yang anda tinggalkan akan berjalan lebih cepat.
Sebagai akibatnya, jika anda kembali lagi ke tempat awal dengan laju mendekati cahaya, maka anda bisa saja sudah berada dimasa depan.

Untuk lebih paham, anda berangkat di tahun 2100 selama 5 tahun dan ketika pulang, ternya sudah tahun 2150. (Anda berada 50 tahun diangkasa tetapi anda hanya merasakan 5 tahun)

  • Simpulan?
Simpulan yang saya dapat adalah perjalanan ke masa depan lebih mungkin daripada perjalanan ke masa lalu.
Perjalanan ke masa depan kita menghabiskan sedikit waktu untuk perjalanan yang lebih panjang, misalnya tadi kita hanya butuh 5 tahun untuk melompat ke 50 tahun
sementara,
untuk kembali ke masa lalu, kita tidak tahu persis lama perjalanan waktu yang kita butuhkan.


Diluar itu semua, setiap kemungkinan bisa muncul sesuai berkembangkan penemuan dimasa mendatang.

Related Posts:

0 Response to "Time travel - perjalanan waktu"

Post a Comment

Entri Populer