Tutorial menghindari depresi

"falling and failing?"

Suatu hari teman dekat saya menghubungi saya dan menceritakan keadaan dirinya yang sedang menghawatirkan. Dia mengatakan bahwa dia sedang depresi.
Sebagai teman yang baik saya berusaha membuat kawan saya ini lebih tenang. Namun setelah mendengar semua keluh kesahnya, saya pun hampir ikutan depresi. hehehe

Dibalik semua topik depresi yang kami bahas ini, saya pun terpikir bagaimana usaha untuk menghindari depresi? apakah perlu diketahui dan harus dingat terus? ya, pasti. Maka dari itu saya membuat postingan ini.
Fakta tentang depresi itu yang pertama adalah tidak dapat diprediksi dan bisa datang kapan saja tergantung situasi kita.
Depresi senyangkut tentang kesehatan jiwa.
Pada posisi depresi, seseorang bahkan punya hasrat untuk bunuh diri (sensitif dan berbahaya) :(
"Depresi adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa tidak lagi berguna atau lebih tepatnya membuat seseorang sangat sedih".
Selain teman saya, saya sendiri juga sering mengalami depresi, namun dengan cara menghindari depresi versi saya ini, saya masih berhasil untuk menghindari efek negatif depresi (semoga terus berhasil). Jadi berikut ini adalah cara menghindari Depresinya:


  • Menghindari tempat sepi dan bersosialisasi (minimal dengan seseorang teman atau keluarga)
Depresi bisa muncul kapan saja dan rentan muncul ketika kita sedang keadaan sepi. Keadaan sepi akan membuat kita lebih leluasa untuk memikirkan apa yang telah terjadi dalam hidup kita. Kadangkala kita berimajinasi tentang hal yang kita harapkan lalu setelah itu kita menyadari tentang realitas kita sendiri (yang pastinya sangat tidak tepat dengan keadaan kita).

"you're mine in the other reality", atau kamu adalah milikku di realitas yang lain. Konsep pikiran ini bisa membuat kita depresi dalam hitungan yang sangat cepat.
you're mine = contohnya: kampus lain yang kamu inginnya, personal yang kamu impikan, seseorang yang kamu inginkan, atau keadaan hidup yang sangat kamu dambakan, dan lain-lain.
Memikirkan keadaan ini bisa membuat anda merasa sedih.

Nah,
Menghindari tempat sepi dalam hal ini bukan hanya menghindari tempat yang tidak ada orangnya, tapi juga tempat yang banyak orangnya namun tidak saling peduli atau less comunication.
Sifat baru yang muncul sekarang yang biasa dinamai anti-social merupakan lingkungan yang sulit  beradaptasi (sangat ekstrim).

Ketika eksistensi anda tidak diakui dalam suatu kumpulan orang, maka anda juga sebenarnya sedang kesepian.


  • Selanjutnya, Hindari komunitas yang tidak menghargai anda
Nah, ketika anda berada di sebuah kumpulan atau komunitas maka kemampuan anda untuk berselancar didalmnya akan membuat anda betah didalamnya. Namun ketika anda tidak mampu berselancar dialam suatu komunitas, maka jangan hidup hanya mengikuti arus gelombang. Anda punya hak untuk keluar atau sekedar menghindari keadaan tersebut.


  • Sederhana dan jangan overthinking
Overthingking atau terlalu banyak berpikir memang baik jika apa yang anda pikirkan ada gunanya bagi anda. Namun kebanyakan overthinking malah menjadi beban bagi diri kita sendiri.
Menurut saya Overthinking adalah salah satu faktor penyebab depresi yang paling keras. Ketika anda memikirkan banyak hal tentang kehidupan, yang muncul hanya beberapa bagian ini:
1. Suatu hal yang baik dan tidak bisa anda capai,
2. Kegagalan yang anda alami dan tidak bisa diatasi,
3. dll

Nah, maka dari itu hiduplah direalitas anda saat ini dengan sederhana.
Apapun yang terjadi maka jalaninah dengan sebaik mungkin.



  • Kenali diri anda dan menjadi diri sendiri

Apakah anda introvert atau sebaliknya, sifat ini harus anda kenali. Misalnya anda adalah orang tidak suka keramaian namun tidak suka pada kesepian, nah ketika saya ingin menghindari kedua ini maka akan lumayan sulit: maka pada posisi ini anda butuh teman dekat (tidak ramai dan tidak membuat anda sepi).

Menjadi diri sendiri bukan berarti tidak mampu beradaptasi.


  • Awal yang bagus dan konsep yang benar

Jika anda merasa gagal dalam suatu hal, maka jangan pernah menyerah.
Biasanya ketika saya merasa gagal, saya akan membaca quote "awal yang bagus dan konsep yang benar" lalu memulainya lagi dari awal. Kegagalan itu memang menyakitkan dan tidak ada obatnya.


Jadi itu dia yang bisa saya sampaikan tentang tutorial menghindari depresi, kurang lebihnya kembali bagi agan untuk memperbaiki atau untuk berkomentar. Untuk penutupnya saya kasih quote dari Rick and Morty:

Everyone exist for a reason and purpose

*Post ini saya akan saya modifikasi lagi supaya lebih baik

Related Posts:

0 Response to "Tutorial menghindari depresi"

Post a Comment

Entri Populer